Algoritma,, Pseudocode,, Flowchart


Mata kuliah hari Jumat 24 September 2010 untuk kelasku adalah B. Inggris pada pukul 09.00-11.00 dan dilanjutkan kembali pada pukul 16.00-18.00  untuk mata kuliah Algoritma & Pemrograman. Algoritma & Pemrogaman membahas tentang Algoritma, Pseudocode, Flowchart.

Algoritma
Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Algoritma marupakan metode umum yang digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus tertentu dan ditulis menggunakan beberapa skema, misalnya Flowchart dan Pseudocode. Algoritma dikatakan benar apabila dapat memecahkan masalah .
Struktur dasar Algoritma adalah :
         Bagian Judul
ü  Tidak diawali dengan angka atau karakter lain selain alphabet.
ü  Tidak terdapat karakter spasi atau karakter lain selain alphabet kecuali underscore.
         Bagian Deklarasi / Kamus data
Ini digunakan untuk mengumumkan semua nama yang dipakai dalam algoritma beserta propertinya.
         Bagian Algoritma
Standar dalam penulisan algoritma:
x (*)
÷ (/)
+ (+)
− (−)
= (←)
≠ (≠)

Pseudocode
          Pseudocode adalah bentuk informal untuk mendeskripsikan algoritma yang mengikuti struktur bahasa pemrograman tertentu. Tidak ada aturan standar penulisan pseudocode. Pseudocode ditujukan untuk dibaca manusia, bukan dibaca mesin(komputer).
            Oleh karena pseudocode lebih cocok digunakan untuk menyusun algoritma dengan kasus yang besar dan kompleks, maka sangat dianjurkan kepada programmer pemula untuk mulai menggunakan pseudocode dalam menyelesaikan masalah.

Flowchart
Flowchart lebih baik dibandingkan pseudocode . Flowchart merupakan gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program yang menyatakan arah alur program tersebut. Dalam hal melakukan koreksi atau analisis dari suatu permasalahan, flowchart dapat dengan mudah untuk dilihat dan dikomunikasikan. Hal ini dikarenakan flowchart disusun atas simbol-simbol yang mengikuti suatu standar tertentu.

Share this:

0 komentar:

Posting Komentar

komentar,,komentar...