Program

Ini adalah pelajaran yang aku dapatkan pada mata kuliah Algoritma & Pemrograman tanggal 20 September 2010.

Program
Program adalah formulasi sebuah algoritma dalam bentuk bahasa pemrograman, sehingga siap untuk dijalankan pada mesin komputer.Mendesain algoritma yang benar dan menterjemahkannya ke bahasa pemograman bukanlah hal yang mudah karena bahasa pemograman memiliki tata penlisan sendiri.


Bahasa Pemograman 
Bahasa pemrograman adalah alat untuk membuat program komputer, sehingga dapat digunakan untuk memberitahu komputer tentang apa yang harus dilakukan. Contohnya adalah C, C++, Pascal, Basic, Java, Perl, PHP, ASP, Cobol, dsb
Dari beberapa bahasa program tersebut perbedaannya adalah cara memberikan instruksinya (syntax). Kesamaannya adalah sama-sama untuk memberikan instruksi kepada komputer.

Klasifikasi Menurut Generasi
Perkembangan bahasa pemograman:
  1. Generasi I : bahasa mesin yang hanya dipahami oleh mikroprosesor. Memakai kode-kode biner (0 dan 1) dengan basis dasar transistor.
  1. Generasi II : Assembly Language, dimana bahasa ini menggunakan kode-kode yang disebut mnemonic.
  2. Generasi III : High Level Language
  • Bersifat machine independent
  • Bahasa pemograman aras tinggi
  • Bahasa pemograman aras tinggi yang meliputi:
·         Compilation
·         Link
·         Execution
Contoh bahasa: FORTRAN, COBOL, ALGOL, BASIC, C, C++, Pascal, JAVA.
  1. Generasi IV :  didesain menggunakan effort dan mempercepat pembuatan program. Mendekati bahasa sehari-hari. (DataFlex, WinDev, SQL, ABAP)
  1. Generasi V : Object – Oriented Language, bahasa deklaratif . Bahasa pemrograman ini digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan dan belum digunakan secara meluas di dunia industri. (Prolog, LISP, Mercury)

Share this:

0 komentar:

Posting Komentar

komentar,,komentar...